Adegan dari gerhana matahari total 2017

Adegan dari gerhana matahari total 2017

Untuk sesaat, siang menjadi malam.

Dan matahari digantikan oleh lingkaran hitam – dikelilingi semua sisi dengan api putih yang berkilau.

Saat Great American Eclipse mendarat di kota pesisir kecil Newport, Oregon, kerumunan gaduh yang berkumpul di pantainya terpaku melihat pemandangan itu menjadi keheningan yang menakutkan.

Di Casper, Wyo., Seorang pria meniup sebuah shofar, sementara yang lain membunyikan bel dan melepaskan sobekan dan raungan yang meletus dari kerumunan. Burung, dikejutkan oleh kegelapan, melesat ke segala arah.

“Anda tidak bercanda tentang merinding,” gumam satu orang ke yang lain.

 

Di luar sebuah gereja di Idaho Falls, umat paroki berteriak dengan penuh semangat. “Anda melihat bintang-bintang!” Kata seseorang. “Saya melihat Venus,” kata yang lain. “Tuhan itu menakjubkan,” teriak salah seorang wanita.

Beberapa mil jauhnya, Jim Anderton di Idaho City, berusaha mengalihkan pandangan ke arahnya.

Yang tampak bersinar dalam kegelapan adalah korona matahari – lingkaran indah yang menggeliat dengan gas yang sangat panas – yang biasanya tak terlihat, sekarang tiba-tiba dan indah dipajang.

“Ini seperti seseorang yang baru saja mencelupkan sinar matahari dalam api,” kata Anderton.

Pada hari Senin, kehidupan di Amerika ditunda – daftar omelan, tenggat waktu kerja, perdebatan dan perpecahan politik. Semuanya surut, disusul peristiwa selestial abad ini yang tiba-tiba menjulang di atas Amerika.

Gerhana ini terasa berbeda, lebih intim entah bagaimana. Itu adalah gerhana matahari total pertama dalam satu abad untuk melintasi daratan Amerika Serikat, pantai ke pantai, dan yang pertama sejak berdirinya republik yang akan melewati langsung hanya di negara ini.

 

Pukul 10.15 WIB Waktu Pasifik, gerhana total membuat pendaratan di pesisir Oregon. Dari sana, ia meluncur ke Timur melintasi Amerika dengan kecepatan teriakan 2.100 mph. Jalur tersebut melintasi jalur sejauh 3000 mil, menembus Idaho, Wyoming, Nebraska, Kansas, Missouri, Illinois, Kentucky, Tennessee, Georgia, North Carolina, sebelum akhirnya menghilang dari pantai Charleston, S.C. pukul 02:49. Waktu bagian timur.

Semuanya – keajaiban, keindahan, menjulurkan leher dan pencarian jiwa – telah berakhir dari pantai ke pantai hanya dalam waktu 90 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *